SELAMAT DATANG DI BLOG ANDRA PRATAMA

Senin, 17 Januari 2011

5 Hukum Komunikasi Yang Efektif

Posted by Andra pratama 16.34, under | No comments


5 Hukum Komunikasi Yang Efektif (The 5 Inevitable Laws of Efffective Communication) yang kami kembangkan dan rangkum dalam satu kata yang mencerminkan esensi dari komunikasi itu sendiri yaitu REACH, yang berarti merengkuh atau meraih. Karena sesungguhnya komunikasi itu pada dasarnya adalah upaya bagaimana kita meraih perhatian, cinta kasih, minat, kepedulian, simpati, tanggapan, maupun respon positif dari orang lain.
Hukum # 1: Respect
Hukum pertama dalam mengembangkan komunikasi yang efektif adalah sikap menghargai setiap individu yang menjadi sasaran pesan yang kita sampaikan.
Rasa hormat dan saling menghargai merupakan hukum yang pertama dalam kita berkomunikasi dengan orang lain. Ingatlah bahwa pada prinsipnya manusia ingin dihargai dan dianggap penting. Jika kita bahkan harus mengkritik atau memarahi seseorang, lakukan dengan penuh respek terhadap harga diri dan kebanggaaan seseorang. Jika kita membangun komunikasi dengan rasa dan sikap saling menghargai dan menghormati, maka kita dapat membangun kerjasama yang menghasilkan sinergi yang akan meningkatkan efektifitas kinerja kita baik sebagai individu maupun secara keseluruhan sebagai sebuah tim.
Bahkan menurut mahaguru komunikasi Dale Carnegie dalam bukunya How to Win Friends and Influence People, rahasia terbesar yang merupakan salah satu prinsip dasar dalam berurusan dengan manusia adalah dengan memberikan penghargaan yang jujur dan tulus. Seorang ahli psikologi yang sangat terkenal William James juga mengatakan bahwa "Prinsip paling dalam pada sifat dasar manusia adalah kebutuhan untuk dihargai." Dia mengatakan ini sebagai suatu kebutuhan (bukan harapan ataupun keinginan yang bisa ditunda atau tidak harus dipenuhi), yang harus dipenuhi. Ini adalah suatu rasa lapar manusia yang tak terperikan dan tak tergoyahkan. Lebih jauh Carnegie mengatakan bahwa setiap individu yang dapat memuaskan kelaparan hati ini akan menggenggam orang dalam telapak tangannya.
Charles Schwabb, salah satu orang pertama dalam sejarah perusahaan Amerika yang mendapat gaji lebih dari satu juta dolar setahun, mengatakan bahwa aset paling besar yang dia miliki adalah kemampuannya dalam membangkitkan antusiasme pada orang lain. Dan cara untuk membangkitkan antusiasme dan mendorong orang lain melakukan hal-hal terbaik adalah dengan memberi penghargaan yang tulus. Hal ini pula yang menjadi satu dari tiga rahasia manajer satu menit dalam buku Ken Blanchard dan Spencer Johnson, The One Minute Manager.
Hukum # 2: Empathy
Empati adalah kemampuan kita untuk menempatkan diri kita pada situasi atau kondisi yang dihadapi oleh orang lain. Salah satu prasyarat utama dalam memiliki sikap empati adalah kemampuan kita untuk mendengarkan atau mengerti terlebih dulu sebelum didengarkan atau dimengerti oleh orang lain.
Secara khusus Covey menaruh kemampuan untuk mendengarkan sebagai salah satu dari 7 kebiasaan manusia yang sangat efektif, yaitu kebiasaan untuk mengerti terlebih dahulu, baru dimengerti (Seek First to Understand -
understand then be understood to build the skills of empathetic listening that inspires openness and trust). Inilah yang disebutnya dengan Komunikasi Empatik. Dengan memahami dan mendengar orang lain terlebih dahulu, kita dapat membangun keterbukaan dan kepercayaan yang kita perlukan dalam membangun kerjasama atau sinergi dengan orang lain.
Rasa empati akan memampukan kita untuk dapat menyampaikan pesan (message) dengan cara dan sikap yang akan memudahkan penerima pesan (receiver) menerimanya. Oleh karena itu dalam ilmu pemasaran (marketing) memahami perilaku konsumen (consumer's behavior) merupakan keharusan. Dengan memahami perilaku konsumen, maka kita dapat empati dengan apa yang menjadi kebutuhan, keinginan, minat, harapan dan kesenangan dari konsumen. Demikian halnya dengan bentuk komunikasi lainnya, misalnya komunikasi dalam membangun kerjasama tim. Kita perlu saling memahami dan mengerti keberadaan orang lain dalam tim kita. Rasa empati akan menimbulkan respek atau penghargaan, dan rasa respek akan membangun kepercayaan yang merupakan unsur utama dalam membangun teamwork.
Jadi sebelum kita membangun komunikasi atau mengirimkan pesan, kita perlu mengerti dan memahami dengan empati calon penerima pesan kita. Sehingga nantinya pesan kita akan dapat tersampaikan tanpa ada halangan psikologis atau penolakan dari penerima.
Empati bisa juga berarti kemampuan untuk mendengar dan bersikap perseptif atau siap menerima masukan ataupun umpan balik apapun dengan sikap yang positif. Banyak sekali dari kita yang tidak mau mendengarkan saran, masukan apalagi kritik dari orang lain. Padahal esensi dari komunikasi adalah aliran dua arah. Komunikasi satu arah tidak akan efektif manakala tidak ada umpan balik (feedback) yang merupakan arus balik dari penerima pesan. Oleh
karena itu dalam kegiatan komunikasi pemasaran above the lines (mass media advertising) diperlukan kemampuan untuk mendengar dan menangkap umpan balik dari audiensi atau penerima pesan.
Hukum # 3: Audible
Makna dari audible antara lain: dapat didengarkan atau dimengerti dengan baik. Jika empati berarti kita harus mendengar terlebih dahulu ataupun mampu menerima umpan balik dengan baik, maka audible berarti pesan yang kita sampaikan dapat diterima oleh penerima pesan. Hukum ini mengatakan bahwa pesan harus disampaikan melalui media atau delivery channel sedemikian hingga dapat diterima dengan baik oleh penerima pesan. Hukum ini mengacu pada kemampuan kita untuk menggunakan berbagai media maupun perlengkapan atau alat bantu audio visual yang akan membantu kita agar pesan yang kita sampaikan dapat diterima dengan baik. Dalam komunikasi personal hal ini berarti bahwa pesan disampaikan dengan cara atau sikap yang dapat diterima oleh penerima pesan.
Hukum # 4: Clarity
Selain bahwa pesan harus dapat dimengerti dengan baik, maka hukum keempat yang terkait dengan itu adalah kejelasan dari pesan itu sendiri sehingga tidak menimbulkan multi interpretasi atau berbagai penafsiran yang berlainan. Ketika saya bekerja di Sekretariat Negara, hal ini merupakan hukum yang paling utama dalam menyiapkan korespondensi tingkat tinggi.
Karena kesalahan penafsiran atau pesan yang dapat menimbulkan berbagai penafsiran akan menimbulkan dampak yang tidak sederhana.
Clarity dapat pula berarti keterbukaan dan transparansi. Dalam berkomunikasi kita perlu mengembangkan sikap terbuka (tidak ada yang ditutupi atau disembunyikan), sehingga dapat menimbulkan rasa percaya (trust) dari penerima pesan atau anggota tim kita. Karena tanpa keterbukaan akan timbul sikap saling curiga dan pada gilirannya akan menurunkan semangat dan antusiasme kelompok atau tim kita.
Hukum # 5: Humble
Hukum kelima dalam membangun komunikasi yang efektif adalah sikap rendah hati. Sikap ini merupakan unsur yang terkait dengan hukum pertama untuk membangun rasa menghargai orang lain, biasanya didasari oleh sikap rendah
hati yang kita miliki. Dalam edisi Mandiri 32 Sikap Rendah Hati pernah kita bahas, yang pada intinya antara lain: sikap yang penuh melayani (dalam bahasa pemasaran Customer First Attitude), sikap menghargai, mau mendengar
dan menerima kritik, tidak sombong dan memandang rendah orang lain, berani mengakui kesalahan, rela memaafkan, lemah lembut dan penuh pengendalian diri, serta mengutamakan kepentingan yang lebih besar.
Jika komunikasi yang kita bangun didasarkan pada lima hukum pokok komunikasi yang efektif ini, maka kita dapat menjadi seorang komunikator yang handal dan pada gilirannya dapat membangun jaringan hubungan dengan orang lain yang penuh dengan penghargaan (respect), karena inilah yang dapat membangun hubungan jangka panjang yang saling menguntungkan dan saling menguatkan.

0 komentar:

Cara Membuat Teks Berjalan dan Berkedip di Blog WordPress, Blogspot, Joomla dan Blog Yang Lain

Mungkin file tutorial ini sudah tak asing lagi bagi para peblogger yang sudah malang melintang dalam menjelajah dan mengubek-ubek blognya. Tapi mungkin juga ada yang belum tahu mengenai tutorial sederhana tentang cara membuat teks berjalan dan berkedip pada blog wordpress, blogspot, joomla ataupun pada blog dengan css yang lain.

Cara ini juga berlaku pada website dengan design sendiri yang berformat html. Teks berjalan dan berkedip pada bahasa html disebut dengan marquee behavior. Nah, kalau teman-teman mencari arti kata marquee di kamus, maka artinya akan lain yaitu “tenda besar”. Pastinya nggak nyambung kan..

Tidak panjang lebar, berikut tutorial cara membuat teks berjalan dan berkedip pada blog wordpress, joomla, blogspot, dan blog yang lain :

1. Marquee 1.0.0

Membuat teks berjalan dan berkedip

Marquee 1.0 ini merupakan marquee behavior standar agar teks anda bisa berjalan secara default (dari kanan ke kiri).

Tag HTML membuat teks berjalan marquee 1.0.0 :

Teks Anda

2. Marquee 1.0.1

Membuat teks berjalan dan berkedip

Marquee 1.0.1 adalah pengembangan dari marquee 1.0.0, Marquee ini mempunyai kelebihan jika anda arahkan mouse pada teks tersebut maka dia akan istirahat atau berhenti.

Tag HTML membuat teks berjalan marquee 1.0.1 :

Teks Anda

3. Marquee 1.0.2

Membuat teks berjalan dan berkedip

Teks dengan marquee 1.0.2 ini maka akan berjalan sebaliknya yaitu dari kiri ke kanan.

Tag HTML membuat teks berjalan marquee 1.0.2 :

Teks Anda

4. Marquee 2.0.o

Membuat teks berjalan dan berkedip

Marquee 2.0.0 ini mempunyai kelebihan bolak-balik dari ruang kotak yang tidak terlihat oleh mata.

Tag HTML membuat teks berjalan marquee 2.0.0 :

Teks Anda

5. Marquee 2.0.1

Membuat teks berjalan dan berkedip

Marquee 2.0.1 adalah pengembangan dari marquee sebelumnya, dengan pancingan scrollamount dia menjadi sangat agresif/cepat.

Tag HTML membuat teks berjalan marquee 2.0.1 :

Teks Anda

6. Marquee 2.0.2

Membuat teks berjalan dan berkedip

Marquee 2.0.2 masih pengembangan dari Marquee 2.0 dengan sentuhan on-mouse-over stop dan on-mouse-out start, seperti marquee 1.0.1 yaitu jika anda arahkan mouse pada teks tersebut maka dia akan berhenti.

Tag HTML membuat teks berjalan marquee 2.0.2 :

Teks Anda

7. Marquee 3.0.0

Membuat teks berjalan dan berkedip

Marquee 3.0.0 adalah marquee climbing, marquee pendaki ini suka sekali ketinggian, sehingga kita lihat arah teksnya pun ke atas. Jika Anda memiliki teks yang banyak, maka marquee ini merupakan pilihan yang tepat dan sangat cocok.

Tag HTML membuat teks berjalan marquee 3.0.0 :

Teks Anda

8 Marquee 3.0.1

Membuat teks berjalan dan berkedip

Marquee 3.0.1 adalah pengembangan dari marquee sebelumnya yang tidak mempunyai batas ruang, marquee ini kita batasi ruang kasatnya sehingga memiliki height 100 saja. Demikian dengan kemampuan scrollamountnya kita perlambat. Dan kita tambahkan on mouse stop/start juga.

Tag HTML membuat teks berjalan marquee 3.0.1 :

Teks Anda

9. Marquee 3.0.2

Membuat teks berjalan dan berkedip

Marquee 3.0.2 masih merupakan pengembangan dari marquee sebelumnya, hanya saja teks berada di tengah ruang kasat.

Tag HTML membuat teks berjalan marquee 3.0.2 :

Teks Anda

10. Marquee 3.0.3

Membuat teks berjalan dan berkedip

Marquee 3.0.3 adalah pengembangan juga dengan arah berlawanan dari marquee sebelumnya. kelebihan marquee ini yaitu teks bisa berjalan menurun atau teks yang kita lihat berjalan dari atas ke bawah. Kemampuan scrollamountnya tidak kita batasi sehingga terlihat agresif dengan ruang kasat yang kecil. Bisa diperlambat dengan format html seperti diatas.

Tag HTML membuat teks berjalan marquee 3.0.3 :

Teks Anda

11. Membuat teks berkedip

Membuat teks berjalan dan berkedip

Untuk membuat teks berkedip seperti diatas sangat mudah dan simple. Tambahkan saja format html seperti dibawah ini :

Tag HTML membuat teks berkedip :

Teks anda

Diatas adalah tutorial sederhana dalam membuat teks berjalan dan berkedip pada blog wordpress, blogspot, joomla ataupun blog yang lain. Semoga bermanfaat..

Sebuah cerita Blogger andra

membuat tulisan/teks berjalan

Apa seh maksudya??pasti kalian pada bingung ya??ok anda bisa melihat Teks yang ada di sini maksdku di blogger ini liat teks yang berjalan persisnya di paling atas sendiri tepatnya di kotak iklan itu lo???saya hanya ingin memberikan sedikit informasi saja, mungkin beberapa blogger sudah mengetahui sebelumnya. tapi ngga apa-apa kan kalau saya share lagi sama blogger yang belum tahu, yaitu membuat text berjalan yang sering disebut-sebut text marquee yang tulisannya bisabergerak kekanan, kekiri atau keatas dan kebawah.

Sebenarnya untuk membuat efek ini tidaklah sulit karena kita tidak memerlukan keahlian HTML yang tinggi. dalam kesempatan ini saya akan membagi tentang cara pembuatan efek tulisan berjalan seperti yang ada pada blok-blok lain biasanya disebut marquee. Efek inipun ada bermacam macam.Anda tidak hanya bisa membuat tulisan berjalan kekiri tapi andapun bisa membuat tulisan berjalan kebawah dan keatas…baiklah saya akan langsung membantu anda bagaimana cara membuat efek seperti ini.
Yang perlu anda lakukan adalah menyalin script ini ke HTML blog anda

Andra pratama

Tulisan yang Hitam itu bisa anda rubah sbb:
- Arah bergerak text bisa anda tulis : ke kiri (left), ke kanan(right), ke atas (up) dan ke bawah (down)

cara pasangnya adalah sebagai berikut1.silahkan anda login diblogger and,tentunya pake ID anda senderi

2.kalau udah masuk bagian dasbor

3.klik tombol Tampilan

4. habis itu Klik tombol Widget letaknya persis di tombol tema

5.Setelah masuk bagian Penyusunan Sidebar

cari

Sindebar bagian TEKS terserah mau pake teks 1-10

habis itu silahkan klik sidebar TEKS tadi dan masukan kode yang anda dapatkan tadi

6.simpan

7.selamat anda sudah belajar dari saya

catatan..trik memakai teks berjalan seperti ini sangat efektif jika kita ingin tulisan kita bisa di lirik oleh pembaca.karena tulisan yang bergerak seperti ini lebih menarik mata pembaca daripada teks yang diam..semoga bermanfaat… ya….

Facebook Bakal Ditutup?

Kabar mengejutkan datang dari Facebook. Jejaring sosial terbesar di muka bumi ini diberitakan bakal segera ditutup dalam waktu dua bulan lagi oleh sang pemiliknya, Mark Zuckerberg.

Seperti dikutip dari weeklyworldnews.com, Minggu (9/1/2011), riwayat Facebook yang memiliki 500 juta pengguna di seluruh dunia ini akan segera berakhir pada 15 Maret 2011 mendatang.

“Facebook sudah benar-benar kebablasan, saya harus mengakhiri semua kegilaan ini. Segala tekanan saat mengelola perusahaan ini telah menghancurkan hidupku,” demikian pernyataan Zuckerberg seperti diklaim weeklyworldnews.com.

Pernyataan Zuckerberg konon diperkuat oleh Avrat Humarthi, vice president Technical Affairs Facebook. “Setelah 15 Maret, semuanya akan kami tutup. Jika Anda ingin melihat kembali foto-foto Anda, kami sarankan segera unduh dari internet. Anda tak akan bisa lagi mengambilnya begitu Facebook kami tutup,” begitu katanya.

Masih menurut klaim situs tersebut, Zuckerberg menilai keputusannya menutup Facebook sangatlah berat. Namun ia merasa itu jalan yang terbaik bagi semua orang.

“Sejujurnya, ini cara yang terbaik. Tanpa Facebook, orang-orang akan pergi ke luar dan menjalin pertemanan yang sesungguhnya. Itu selalu menjadi hal yang baik,” katanya.

Hingga saat ini, cuma situs weeklyworldnews.com yang menulis berita tentang bakal ditutupnya Facebook. Tidak ada media resmi yang memberitakan, sebab situs weeklyworldnews.com ini hanya situs parodi belaka. Isinya jauh dari kebenaran.

Sayuran dan buah terbesar yang pernah tumbuh

Dibaca Kali

Singkong
sayuran buah terbesar
Petani Lebanon Semhat Khalil, dari selatan kota Tyre, hampir tidak percaya ketika panen di kebun ketela miliknya dan menemukan salah satu hasil panennya adalah singkong raksasa dengan berat 11,3kg (24,9pounds).

Buah sumsum
sayuran  buah terbesar
Buah Sumsum terbesar di dunia (113 Lbs atau 65 Kg). Dikembangbiakkan oleh Ken Dade di Norfolk, beratnya mencapai 65kg. Sayur ini butuh 2 orang untuk mengangkatnya. Ini memecahkan rekor sebelumnya yang hanya 3kg.

Nangka
sayuran  buah terbesar
Nangka terberat di dunia (76 Lbs atau 34,4 Kg) Buah manis ini beratnya 34,6kg, dengan ukuran mencapai panjang 57,46cm dan keliling 121,28cm pada 8 Agustus 2003. Dikembangkan oleh George dan Margaret Schattauer dari Captain Cook, Hawaii, USA.

Kubis
sayuran  buah terbesar
Kubis terbesar di dunia (76 Lbs atau 34,4 Kg) John Evans, seorang desainer mekanik yang tinggal 40 mil di utara Anchorage di Palmer, Alaska, memegang 7 rekor dunia untuk sayuran raksasa. Salah satunya adalah kubis ini, memiliki bobot yang lebih dari 34kg membuat sayur ini mencetak rekor tahun 1998.

Semangka
sayuran buah terbesar
Semangka terbesar di dunia (268,8 Lbs atau 122 Kg) memiliki bobot 122kg membuat buah ini menjadi semangka terbesar di dunia. Semangka ini tumbuh di ladang milik Lloyd, keluarganya mempunyai sejarah yang panjang dengan semangka mereka. Pernah memecahkan rekor dunia pada tahun 1979 dengan semangka seberat 200kg.

Wortel
sayuran buah terbesar
Wortel terberat di dunia (18,9 Lbs atau 8,5 Kg) ditanam oleh John Evans pada tahun 1998, dengan berat 8,61kg, ini adalah wortel terberat yang pernah ada.

Labu
sayuran buah terbesar
Labu paling besar di dunia (1689 Lbs atau 766 Kg) tumbuh di Rhode Island, terbesar di dunia adalah labu yang ditampilkan di Topsfield dari Massachusetts pada 2007, beratnya 766kg.

Mentimun
sayuran buah terbesar
Mentimun terbesar (36,1 atau 0,9 MTs) dengan panjang 36,1in, mentimun ini memecahkan rekornya sendiri sebelumnya yang 35,1in di Bath, barat daya Inggris.

Bunga kol
sayuran buah terbesar
Bunga kol terbesar di dunia (31,25 Lbs atau 14,1 Kg) ditanam oleh Evans, bunga kol terbesar di dunia dengan berat 14,1kg pada tahun 1997.

Brokoli
sayuran  buah terbesar
Brokoli terbesar di dunia (35 Lbs atau 15,8 Kg) juga ditanam oleh Evans, pada tahun 1993 brokoli ini memecahkan rekor dunia dengan berat 15,8kg.

13 Resiko Fatal Penggunaan Ponsel Terus-menerus

Dibaca Kali
http://static.inilah.com/data/berita/foto/51549.jpg
Tidak bisa dipungkiri bahwa telepon seluler (ponsel) telah banyak menghadirkan berbagai kemudahan dalam hidup manusia. Meski banyak diperdebatkan, banyak kalangan khawatir akan dampak negatif dari radiasi yang ditimbulkan.
Penelitian terbesar yang pernah dilakukan tentang bahaya ponsel telah membantah adanya risiko kanker otak pada penggguna ponsel. Penelitian yang dilakukan sendiri oleh organisasi kesehatan dunia (WHO) tersebut menunjukkan risikonya tidak terlalu besar untuk dikhawatirkan.

Namun penelitian terbaru di India kembali menegaskan adanya ancaman kanker terutama pada anak dan remaja. Sang peneliti, Prof Girish Kumar bahkan mengatakan bahaya radiasi juga terdapat di sekitar menara Base Transceiver Station (BTS).
"Satu BTS bisa memancarkan daya 50-100W. Negara yang punya banyak operator seluler seperti India bisa terpapar daya hingga 200-400W. Radiasinya tak bisa dianggap remeh, bisa sangat mematikan," ungkap Prof Kumar.

Dikutip dari DNAindia, berikut ini sejumlah dampak negatif yang bisa ditimbulkan akibat radiasi yang berlebihan dari ponsel dan menara BTS:

1. Risiko kanker otak pada anak-anak dan remaja meningkat 400 persen akibat penggunaan ponsel. Makin muda usia pengguna, makin besar dampak yang ditimbulkan oleh radiasi ponsel.
2. Bukan hanya pada anak dan remaja, pada orang dewasa radiasi ponsel juga berbahaya. Penggunaan ponsel 30 menit/hari selama 10 tahun dapat meningkatkan risiko kanker otak dan acoustic neuroma (sejenis tumor otak yang bisa menyebabkan tuli).
3. Radiasi ponsel juga berbahaya bagi kesuburan pria. Menurut penelitian, penggunaan ponsel yang berlebihan bisa menurunkan jumlah sperma hingga 30 persen.
4. Frekuensi radio pada ponsel bisa menyebabkan perubahan pada DNA manusia dan membentuk radikal bebas di dalam tubuh. Radikal bebas merupakan karsinogen atau senyawa yang dapat memicu kanker.
5. Frekuensi radio pada ponsel juga mempengaruhi kinerja alat-alat penunjang kehidupan (live saving gadget) seperti alat pacu jantung. Akibatnya bisa meningkatkan risiko kematian mendadak.
6. Sebuah penelitian membuktikan produksi homon stres kortisol meningkat pada penggunaan ponsel dalam durasi yang panjang. Peningkatan kadar stres merupakan salah satu bentuk respons penolakan tubuh terhadap hal-hal yang membahayakan kesehatan.
7. Medan elektromagnet di sekitar menara BTS dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh. Akibatnya tubuh lebih sering mengalami reaksi alergi seperti ruam dan gatal-gatal.
8. Penggunaan ponsel lebih dari 30 menit/hari selama 4 tahun bisa memicu hilang pendengaran (tuli). Radiasi ponsel yang terus menerus bisa memicu tinnitus (telinga berdenging) dan kerusakan sel rambut yang merupakan sensor audio pada organ pendengaran.
9. Akibat pemakaian ponsel yang berlebihan, frekuensi radio yang digunakan (900 MHz, 1800 MHz and 2450 MHz) dapat meningkatkan temperatur di lapisan mata sehingga memicu kerusakan kornea.
10. Emisi dan radiasi ponsel bisa menurunkan kekebalan tubuh karena mengurangi produksi melatonin. Dalam jangka panjang, kondisi ini dapat mempengaruhi kesehatan tulang dan persendian serta memicu rematik.
11. Risiko kanker di kelenjar air ludah meningkat akibat penggunaan ponsel secara berlebihan.
12. Medan magnetik di sekitar ponsel yang menyala bisa memicu kerusakan sistem syaraf yang berdampak pada gangguan tidur. Dalam jangka panjang kerusakan itu dapat mempercepat kepikunan.
13. Medan elektromagnetik di sekitar BTS juga berdampak pada lingkungan hidup. Burung dan lebah menjadi sering mengalami disorientasi atau kehilangan arah sehingga mudah stres karena tidak bisa menemukan arah pulang menuju ke sarang.

Tags

Timer

Populer